Kamis, 16 Juni 2016

Sedia Vaksin Sebelum Sakit

Ada pepatah zaman dulu yang sampai sekarang tetap terpakai sedia payung sebelum hujan datang,karena kalau sudah kena hujan ya bisa sakit.Dalam kesehatanpun tindakan pencegahan dari serangan berbagai penyakit itu sangat penting.Karena kalau sudah kena "penyakit" apalagi yang bandel dan sulit diobati ini dia yang membuat kita ataupun anggota keluarga repot.Tidak hanya materi yang habis untuk biaya pengobatan tetapi juga waktu,tenaga dan pikiran tersita.Untuk itu pentingnya "tindakan pencegahan" didahulukan sebagai antisipati.
Cerita riwayat kesehatan keluarga besar saya sangat memilukan dan berakhir dikematian.Saya mulai dengan alm.ayah yang meninggal karena komplikasi sakit ginjal dan darah tinggi.Kakaknya ayah saya meninggal karena kanker rahim,ibu saya meninggal karena diabetes.November 2015 sepupu saya meninggal karena kanker hati dan sekarang kakak sepupu dari garis keturunan ibu sedang berjuang melawan kanker payudara stadium 4.Wow...menyeramkan!
Melihat kenyataan ini "warning" itu harus serius saya sikapi.Karena dalam lingkungan keluarga besar saya dikelilingi berbagai penyakit yang bukan"biasa" saja tetapi "luaaarrr...biasa" 
Gula Oh Gula
Makanan serba manis itu memang enak.Mulai dari permen,ice cream,cookies,soft drink.Rata-rata semua orang suka,termasuk saya.Gula itu kegemaran saya.Tiada hari tanpa gula,sehari bisa 3-5 sendok gula karena saya penggemar teh yang manis dimana komsumsi 3 gelas sehari.Anda tahu ini gambar apa?
Ya ini borok yang disebabkan oleh sakit gula yang sudah parah.Dari luka kecil akhirnya membesar.Untungnya si pemilik kaki ini akibat diabetes tidak sempat diamputasi karena masih bisa diobati.Walaupun saat ini kondisi gula saya sekitar 120 dalam kondisi tidak puasa tetapi itu sudah masuk tahap warning karena kalau dibiarkan bisa terus naik.
Tindakan pencegahan apa yang saya lakukan?
Karena orangtua saya meninggal karena diabetes jadi tidak tertutup kemungkinan saya juga bisa mengalami.Hal yang saya lakukan:
  • Tidak mengemil manis,rasa manis untuk cemilan saya ganti dengan buah
  • Mengganti nasi putih ke nasi merah
  • Mengganyi gula pasir dengan gula low sugar
  • Berolahraga rutin seminggu 3x karena pembakaran kalori
Apa Lagi Yang Saya Lakukan? Sebagai ibu dari 2 anak remaja ada rasa ketakutan untuk kesehatan payudara dan rahim saya,mengingat riwayat kesehatan keluarga besar saya banyak yang mengalami kanker.Untuk payudara langkah awal yang saya lakukan adalah melakukan pemeriksaan sendiri,saat mandi misalnya.Memijat dan meraba apakah ada benjolan.Karena walaupun kecil ini awalnya dari bahaya yang mengintai.Dan diperkuat tentunya dengan mamografi yaitu pemeriksaan medis menggunakan alat dan pemotretan.Hasilnya Puji Tuhan,negatif! Sementara untuk rahim saya sudah melakukan pap smear.Ini wajib dilakukan oleh para wanita yang pernah melakukan aktifitas seksual maupun yang sudah berkeluarga.
Oh ya pap smear ini saya lakukan beberapa tahun yang lalu.Dengan mengambil sampel cairan di vagina dan hasilnya ditunggu untuk beberapa hari kemuka.Lama ya...tetapi sekarang saya baru tahu loh ada pemeriksaan pap smear yang canggih dan hasilnya saat itu juga,namanya IVA.Metode IVA merupakan Inspeksi Visual Dengan Asam Laktat.Ini cara sederhana untuk menditeksi kanker leher rahim sedini mungkin.Tingkat sensitivitas sekitar 60-96%.Apakah sakit rasanya?
Oh tentu tidak! dan test IVA ini bisa dlakukan saat Anda tidak sedang haid,hamil dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual.Jangan takut tidak sakit caranya sama dengan pap smear ada cairan yang diambil dari leher rahim.Nah untuk waktu beberapa saat hasilnya bisa diketahui.Kalau warna cairan tadi berubah menjadi keputih-putihan  maka kemungkinan positif kanker.
Dimana bisa melakukan test IVA?
Di In Harmony Clinic.Sebuah klinik kesehatan yang diperuntukkan untuk mencegah berbagai jenis penyakit termasuk kanker rahim.Klinik yang berdiri sejak  tahun 2012 ini selain melayani test IVA juga melayani berbagai vaksinasi yang dapat dilakukan oleh orang sehat.Mengapa sehat bukannya yang sakit yang datang?kalau sakit itu harus melalui proses pengobatan.Namun kalau dalam keadaan sehat ini yang baik mencegah dulu sebelum mengobati.Sedia Vaksin Sebelum Sakit.Karena vaksinasi memberikan perlindungan primer sebelum tersentuh penyakiy.Kira-kira vaksin apa ya yang dibutuhkan anggota keluarga kita?!    

                                 
Vaksin Hepatitis A,Varicella PT-Hb-Polio dan Influenza untuk anak usia 3-5 tahun dan vaksin Campak /MMR dimana anak-anak wajib untuk mendapatkan vaksin ini
Sementara untuk gadis remaja usia 19 tahun keatas dianjurkan untuk melakukan vaksin Human Papillomavirus (HPV).ini merupakan vaksin untuk gadis/yang belum menikah.Baik dilakukan karena membantu pencegahan dini apakah ditemukan bibit kanker rahim.
Penasaran ya tentang vaksin?tenang...di In Harmony Clinic ini ada berbagai jenis vaksin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Misalnya Anda yang akan bekerja/sekolah ke luar negeri bisa melakukan vaksin Influenza.Karena flu awal dari berbagai penyakit lainnya yang akan berdatangan.Pelopor klinik imunisasi dan vaksinasi terlengkap,terdepan dan pengembang layanan preventive terkemuka ini juga melayani untuk berbagai penyakit terkenal di masyarakat yaitu Hepatitis.Ada vaksin Hepatitis A,B dan vaksin kombinasi hepatitis  A dan B.Sehat itu mahal loh...
jadi yang terpenting adalah Pencegahan-nya salah satunya dengan vaksin dan tentunya menerapkan pola hidup sehat dengan tidak mengkomsumsi makanan kaya warna,berpengawet dan banyak mengkomsumsi sayur dan buah
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi:
In Harmony Immunity Clinic
Telp: 021-4248790,4220214

Twitter:@vaksinasi
Sumber foto:koleksi pribadi In Harmony Immunity Clinic

In Harmony 
Medical Preventive
Alternative Health Clinic

2 komentar:

  1. Sip... setuju dengan ito Denise.. mencegah lebih baik daripada mengobati...

    Sehat itu mahal sekali harganya ito.. :)

    BalasHapus
  2. Thanks Kornel.Hanya saja masih banyak orang yang kurang aware untuk masalah vaksin,aware timbul setelah sudah sakit

    BalasHapus