Senin, 14 November 2016

Jadi Donatur Darah Itu Keren Loh....


Semua orang ingin hidup sehat bebas penyakit dan jauh-jauh terjadi musibah kecelakaan misalnya yang kadangkala membutuhkan banyak darah namun belum tentu ada ketersedian darah sesuai dengan golongan darah si penderita.Begitupun dengan penyakit.Ada penyakit-penyakit tertentu yang penderitanya membutuhkan supply darah.Palang Merah Indonesia adalah sebuah lembaga pemerintah yang membantu menyalurkan darah kepada orang-orang yang membutuhkan.Darimana asalnya darah itu?Tentunya dari pendonor darah.

Jadi donatur darah,iiih...ngeri.Semula saya berpikir demikian,menyeramkan!Jarum ditusuk ke lengan lalu darah mengalir melalui selang.Yaaa...kalo dibayangkan serem tapi kalo kita laksanakan hilang tuh seramnya.Awal ya,saya dihimpit rasa takut,tidak berani melihat jarum suntik,keringat dingin.Tetapi karena para relawan PMI yang mengambil darah memberi suport untuk relaks dan tidak tegang,akhirnya rasa takut itu bisa dilalui.Dan sekarang saya sudah beberapakali berdonor

Mensosialisasikan Donor Darah itu penting namun tentunya harus ada medianya.Nah salah satu cara agar membangun "awarness" masyarakat tentang pentingnya Donor Darah untuk Selamatkan Jiwa PMI DKI Jakarta bersama TDB (Tau Dari Blogger ) dan KOPI (Koalisi Online Pesona Indonesia) bertempat di Bumbu Desa Restaurant Cikini,Jakarta Sabtu 5 November 2016 sekitar 50 blogger hadir bersemangat untuk mendengarkan informasi tentang donor darah,manfaatnya dan mengapa sebaiknya kita yang sehat melakukannya

"Donor darah adalah hal mulia karena membantu sesama.Berdonor bukan saja membantu orang lain yang membutuhkan tetapi juga bermanfaat bagi kita yang berdonor antara lain,dapat mengetahui golongan darah,kadar Hb terpantau 3 bulan sekali,dapat terpantau 4 macam penyakit yaitu HIV,Hepatitis B,Hepatitis C dan Sifilis
dan juga dapat menurunkan resiko serangan jantung,stroke dan resiko penyakit kanker",ucap dr Pierlita Rini
Cek...cek...cek...keren ya manfaatnya ucapku dalam hati.Dokter berhijab ini lebih lanjut brrcerita tentah donor darah

Macam-Macam Pendonor :
Donor Darah Sukarela
Donor yang dilakukan secara rutin 3 bulan sekali yang dilakukan oleh PMI

Donor Langsung
Donor yang menyumbangkan darahnya sewaktu-waktu karena kelangkaan darah di PMI (umumnya terjadi di bulan puasa) yang golongan darahnya sama dengan pasien yang akan dibantu,biasanya dari keluarga

Donor Darah Pengganti
Donor yang menyumbangkan darahnya sewaktu-waktu karena kelangkaan darah dari PMI namun golongan darahnya berbeda dengan golongan darah pasien

Donor Darah Siaga
Donor yang sudah dipersiapkan sewaktu-waktu menyumbangkan darahnya ditingkat RW,apabila ada warga  membutuhkan untuk ibu hamil atau kecelakaan

Donor "On Call"
Donor yang mempunyai golongan darah yang langka dan sewaktu-waktu dapat diminta untuk menyumbangkan darahnya bagi yang membutuhkan

Seperti Apa Sih Syarat Pendonor?
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia mulai dari 17-60 tahun.Untuk donor masih dapat menyumbangkan darah dengan jarak penyumbangan 3 bulan sampai akhirnya berhenti atas pertimbangan dokter
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Tekanan darah: sistole 100-180,diastole :70-100
  • Kadar haemoglobin minimal 12,5g%
  • Interval donor minimal 12 minggu sejak berdonor (maksimal 5x dalam 1tahun)
  • Tidak Boleh Mendonor Jika:
  • Mempunyai sakit jantung,kanker dan paru -paru
  • Menderita:hipertensi,diabetes,epilepsi,kelainan darah,hepatitis B,C,HIV,Aids,Sipilis
  • Kecanduan minuman keras dan narkoba

Kapan Menunda Mendonor?
  • Sedang demam tunggu 1 minggu setelah sembuh
  • Setelah cabut gigi tunggu 5 hari setelah sembuh
  • Setelah vaksin tunggu 8 minggu
  • Sedang menyusui,tunggu 3 bulan setelah berhenti menyusui
Tentang darah menurut dokter cantik ini ternyata ada presentase-nya loh!seperti apa?
  • Golongan darah A : 25,48%
  • Golongan darah B : 26,68%
  • Golongan darah O : 40,77%
  • Golongan darah AB: 6,6 %
Ada berapa banyak sih volume darah diambil?
  • Berat badan 45 kg : 250 ml
  • Berat badan 50 kg : 350 ml
  • Berat badan 55 kg : 450 ml
By the way...
Seperti apa nih pendistribusian darah dari PMI?
Kebutuhan darah di rumah sakit setiap harinya 800-1000 kantong nah PMI melayani 205 rumah sakit di Jakarta dan 244 rumah sakit diluar Jakarta.Umumnya rumah sakit yang jadi bank darah untuk pasien adalah rumah sakit pemerintah
Tugas dari bank darah antara lain:
Menyimpan darah/komponen darah pada suhu optimal komponen
Melakukan tes golongan darah pasien dan uji silang serasi darah pasien dan donor
Menyampaikan darah pada pasien melalui petugas rumah sakit

Persyaratan Meminta Darah:
membawa formulir permintaan darah dari rumah sakit yang sudah di stempel
membawa contoh darah yang dimasukkan ke dalam tabung EDTA

So,kalau saya saja bisa berdonor Andapun dapat melakukan hal yang sama.Setetes darah yang kita berikan menyelamatkan jiwa.Dan menjadi pendonor darah selain mulia,keren loh...bangga deh bisa memberikan yang terbaik untuk sesama (D/s)

5 komentar:

  1. Saya masih belum berani donor darah Bun 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal juga aku begitu Han,takut smp sekarang juga.Menyiasatinya tutup mata lihat ke samping,jangan ke jarum krn pasti takut sendiri,he he he

      Hapus
  2. pingin juga jadi donor darah...selama ini jadi donor darahnya nyamuk di rumah mbak he3...mulia sekali dan tentunya membantu banyak orang ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba deh mbak,aku baru 3x tetapi pengen komit per-3 bulan untuk donor

      Hapus
  3. Aku inget pertama kali donor darah trus pingsan, krn hb rendah ternyata. Tp berikutnya alhamdulillah lancar aja saat donor :D

    BalasHapus