Minggu, 06 November 2016

Mari Jo Torang Semua Ke Minahasa

Minahasa berada di provinsi Sulawesi Utara yang terletak di bagian timur laut pulau Sulawesi.Luas Minahasa sekitar 1.188,67 km2.Tanahnya yang subur sangat cocok untuk menanam tumbuhan seperti kelapa dan cengkeh.Dan tidak itu saja hal yang menarik tentunya kekayaan hasil lautnya.Ikan...ya Minahasa itu surga kulinernya sea food.Hasil lautnya segar dan banyak pilihan jenisnya.

Beberapa waktu yang lalu saya pulang ke Manado dalam satu acara keluarga (sayangnya hanya sebentar 3 hari saja jadi kurang puas ).Semula saya tidak begitu suka ikan karena tidak terbiasa menikmatinya.Namun saat saya ke Bitung ( bagian dari Sulawesi Utara ) saya terpesona karena banyak sekali jenis ikan laut dan pengolahannyapun beraneka rasa

Biasanya ikan itu kalau tidak digoreng kering ya di balado dengan cabe merah.Namun disana,berbagai jenis ikan laut bisa diolah dengan banyak rasa.Seperti dibakar,diasap ( ikan segar di keringkan namun sudah dibumbui) masak woku ( dengan aneka bumbu dan sayuran),masak rica ( masak pedas dengan cabe merah yang di blender ),masak suwir /cakalang ( ikan cakalang dipanggang/bakar setengah kering lalu di suwir-suwir dan dimasak dengan sambel pedas,e...do...do...e enak sekali

Ikan laut adalah rekomendasi dari Kementerian Kesehatan untuk baik dikomsumsi dibanding daging,mengapa?
karena ikan laut itu proteinnya tinggi dengan kandungan Omega yang bagus untuk otak (anak kecil yang masa pertumbuhan disarankan banyak komsumsi ikan agar cerdas),menurunkan kolesterol dan baik untuk kesehatan mata.Cek...cek...cek...hebat sekali ya pesonanya ikan laut ini

Cerita tentang kreasi olahan makanan laut Minahasa memang membuat lidah terus bergoyang karena selain jenis ikannya banyak variasi masakannyapun banyak sehingga tidak membosankan.Dan yang menariknya makanan lautnya semua berciri dengan satu rasa "PEDAS",tidak nendang rasanya kalau pedasnya tidak berasa panas di telinga.Namun ini yang saya suka membuat selera makan jadi bergairah.
Membahas Jelajah Gizi Minahasa mengasyikkan.Banyak yang bisa dibagikan ceritanya mulai dari jenis ikan,cara olahannya dan bentuknya.Yuks,kita ulas satu per satu

Cakalang
Cakalang adalah ikan yang banyak dijumpai di Minahasa,bentuk tubuhnya memanjang dan agak bulat dengan 2 sirip punggung yang terpisah.Bagian punggungnya berwarna biru keungu-unguan hingga gelap,bagian perut dan bagian bawah berwarna keperakan dengan 4-6 garis berwarna hitam yang memanjang hingga ke samping.
Cakalang Fufu biasa orang Minahasa menyebut.Mengapa Fufu karena cara pengolahannya yang menarik yaitu dengan pengasapan agar awet.Atau kalau tidak diasap bisa dipanggang / 1/2 bakar,jangan terlalu kering.Cakalang ini tidak hanya makanan favoritnya orang Manado tetapi sudah membumi.Ibaratnya mpek-mpek dari Palembang semua orang sudah tahu bahwa ikan Cakalang Fufu itu lauk yang paling enak.Selain dagingnya banyak dan tebal nilai gizinya tinggi
Apa saja gizi dan vitamin yang terkandung didalamnya?

  • Omega 3,Omega 6
  • Zat Besi,Vitamin A,D,E,B1 dan C
  • Selenium dan Antioksidan berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh





   
                                   
                                        Foto:ikan cakalang dengan berat 1 ekor sekitar 1,2kg

Ikan Oci
Ikan ini tidak sefamiliar jenis ikan lain seperti cakalang atau tude.Padahal ikan ini yang paling enak,lebih besar ukurannya dari tude.Oh ya yang belum tahu ikan Tude itu seperti apa,itu loh yang seperti ikan kembung bentuknya.Gemuk,dagingnya banyak dan bisa diolah dengan berbagai rasa.Goreng kering bumbu garam dan vetsin saja,goreng balado atau masak dengan bumbu woku
Apa saja gizi dan vitamin yang terkandung didalamnya?
Dalam 100 gram ikan Oci  mengandung:

  • Kalori 103 kal
  • Protein 22 gr
  • Lemak 1 gr
  • Kalsium 20 mg
  • Fosfor200 mg
  • Besi 1 mg
  • Vitamin A 30 Sl
  • Vitamin B1 0,05mg
  • Vitamin C 0 mg

                                                                 Foto: ikan Oci bakar

Ikan Kakap
Ikan kakap merah dari Minahasa ini memang enak.Selain dagingnya banyak dan tebal rasa ikannya gurih manis.Biasanya kakap merah ini enak dimasak menjadi sop ikan kakap.Orang Minahasa/Manado tidak terbiasa dengan bumbu kunyit.Lebih banyak menggunakan jahe,sereh atau lengkuas.Untuk pembaca blog ku coba deh resep mudah Sup Kakap Ikan Merah,siapkan:

  • 2 ikan kakap merah yang sudah dibersihkan
  • Air perasaan jeruk
  • Air untuk masak
  • Garam, vetsin,merica,gula pasir secukupnya
  • Bumbu yang dihaluskan
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 4 cabe merah keriting
  • 20 cabe rawit
  • Tomat hijau,lengkuas secukupnya
  • 2 batang sereh,jahe memarkan sebesar ibu jari
  • 3 lembar daun jeruk,daun pandan

Cara membuat:
Lumuri ikan kakap dengan air perasaan jeruk diamkan beberapa saat hingga amisnya hilang.Lalu setelah itu cuci bersih ikan.Kemudian masak air sekitar 1 liter dan masukkan bumbu yang sudab dihaluskan.Setelah itu masukkan ikan kakap merah,tunggu sesaat hingga mendidih dan angkat.Ikan terasa segar dan menambah nafsu makan apalagi disantap hangat, e...do...do..e...mantap!
                                                                      Foto:Ikan Roa
IKAN ROA
Ini jenis ikan yang unik bentuknya.Ikannya panjang langsing dengan rahang bawah mancung ke depan dan lebih panjang dari rahang atas.Ikan ROA ini biasa dijumpai diperairan laut Utara Sulawesi sampai kepulauan Maluku.Uniknya ikan ROA ini bisa dibuat menjadi sambel ikan ROA dan siapa saja yang menikmati pasti ketagihan.Karena rasanya itu loh,perpaduan antara ikan ROA yang sudah dikeringkan lalu ditumbuk atau blender 1/2 halus kemudian dimasak bersama sambel pedas.Masak hingga kering.Nikmati dengan nasi panas.Wah kalau sudah makan sambel ikan ROA masalah diet itu dilupakan saja dulu sesaat karena membuat makan jadi lahap.
Pengalaman saya tidak cukup sepiring nasi loh!nambah dan banyak,ha...ha...ha...habis enak sih!
Oh ya,untuk ikan OCI yang dimasak woku,ikan cakalang fufu dan sambel ikan roa ini lebih mantap lagi dimakan bersama sayur tumis khas Manado.Biasanya dengan daun bunga pepaya atau kangkung
Disini saya ingin berbagi tips untuk memilih ikan segar:
Pilih warna kulit ikan yang terang dan cerah

  • Daging ikan kenyal
  • Insang warna terang
  • Mata jernih menonjol dan cembung
  • Kulit dan daging ikan tidak mudah robek
  • Sisik ikan masih kuat melekat dan mengkilat
  • Belilah ikan di pasar tradisional kalau masih ada yang hidup itu lebih baik 

Tips Membersihkan Ikan:

  • Cuci ikan dengan air yang mengalir dan bersihkan bagian insangnya
  • Bersihkan sisik,sirip dan potong tubuh ikan lalu tambahkan perasan air jeruk,diamkan sesaat,lalu bersihkan kembali dengan air mengalir dan ikan siap untuk diolah

Wow...terbayang deh kalo saya berkesempatan untuk mengikuti Jelajah Gizi Minahasa,puas-puasin  menikmati kuliner olahan makanan laut.Apalagi makannya dekat pantai hmm...kenikmatan tiada tara.
Ciri khas dari makanan olahan laut Minahasa

  • Ikannya selalu segar 
  • Rasa olahan yang terciri umumnya pedas dan bumbunya medok/pekat
  • Setiap olahan ikan dipastikan ada tambahan sayuran seperti daun kemangi,daun bawang,tomat


                                                  Foto: sayur kangkung & tumis bunga pepaya

Yang menariknya lagi bumbu diolah sendiri,tidak ada yang instant dibeli dipasar yang sudah jadi
Jadi kalau pangana ( bahasa sopan Manado artinya kamu ) menikmati olahan makanan laut Minahasa dipastikan bumbunya asli,racikan tangan sendiri

Sarihusada adalah sebuah perusahaan susu terkenal yang berada di Indonesia sejak tahun 1954 dimana produk unggulannya adalah susu untuk Ibu hamil dan menyusui dan susu untuk anak yang rasanya enak.Hal ini dipersembahkan sebagai wujud nyata program kecukupkan protein Nasional dan Nutrisi Untuk Bangsa
Hal yang membanggakan Sari Husada tidak saja memproduksi susu tetapi turut peduli untuk "gizi".Bentuk kepedulian ini diwujudkan melalui Jelajah Gizi.Dan untuk ke-4 kalinya Sari Husada bersama Detik.com mengadakan Jelajah Gizi dengan tema Kreasi Olahan Nusantara yang membedah Nilai Gizi Kuliner Minahasa

Mari Jo Torang Semua Ke Minasa ( Ayo Mari Kita Semua Ke Minasa) nikmati kekayaan kuliner dari Kreasi Olahan Makanan Laut Minahasa #Jelajah Gizi#Jelajah Gizi Minahasa#Sarihusada#Nutrisi Untuk Bangsa


62 komentar:

  1. Balasan
    1. Ikan Cakalang yang beratnya 1 ekornya lebih dari 1kg,bisa makan sekeluarga,he he he

      Hapus
  2. ... selain sehat, juga nikmat. Aku penggemar sambal ikan cakalang. Abon ikan cakalang ... lekkeeeerrrrr ...

    Tulisan yg lengkap niiih ... Dennise.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya,Cakalang memang paling enak,favorit,rasanya itu loh e...do...o..e...buat lidah bergoyang

      Hapus
  3. Balasan
    1. Banget!harus dicoba deh,he...he...he...

      Hapus
  4. Wah... ternyata ikan tongkol gizinya byk ya. Saya suka ikan tongkol di masak asem padeh ala Padang giti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Etty.Btw di Jakarta juga ikan Cakalang ada tapi harus di pasar besar seperti Muara Karang,murah 1kg Rp 20.000

      Hapus
  5. Pengen cobain ikan roa nya Hehe. Kayaknya enak banget Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus coba Wo,karena makan roa timbangan bisa naik,he...he...he...enak abizzz

      Hapus
  6. Makanan menado memang nampol di lidah...

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah nih nyicip ikan roa. Penasaran buat icip di tempat asalnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga torang dua ( kita berdua he...he...he..dan teman-teman lainnya ) bisa jelajah kuliner Minahasa ya mas

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Wah...kalau saya penasaran banget sama ikan roanya..dr bentuknya seperti ikan terbang di logo.salah satu televisi swasta indosiar ya...he3...salam kenal mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak...simbolnya Indosiar.Roa dikeringkan,ditumbuk & sambal,nendang abis mbak...

      Hapus
  10. Sulawesi memang kaya akan ikan laut nya ya

    BalasHapus
  11. Wah, ngeliat ikan-ikannya segar-segar ya...ibu tiriku di rumah suka banget masak ikan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan segar rasanya manis dan full gizi mbak

      Hapus
  12. Makanan Laut Indonesia memang beraneka ragam, Manado juga punya ciri khas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas Agung dan masakan Manado sudah dekat dengan lidah Indonesia sama halnya mpek-mpek,thanks mas

      Hapus
  13. Mau ka masakannya.. aku suka bgt sm masakan ikan dan bunga pepaya..yumyum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakalang & bunga pepaya paduan yang enak Res,mantaps...

      Hapus
  14. Kok jadi lapar ya.... Kapan2 maukan kakak masakin aku... Nyaaammiiii...

    BalasHapus
  15. Ohya... Kalo ada modal boleh nih join bareng buka resto kecil2an.. Kakak denise...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti laku Nov,karena resto Manado sudah membumi

      Hapus
  16. Sesekali kitorang makan ikan woku sama sama. makan ikan tambah srhat. Anak-anak pun pintar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh jo mbak Windu.Torang dua sama-sama makan ikan Cakalang noh!sehat dan padat bergizi

      Hapus
  17. Tumis bunga pepaya surga bangets berpasangan dengan ikan cakalang wow . . . wow . . . wow . . . kapan yaa kita makan basamo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Intan paduan yang serasi dan enak nikmat,thanks ya

      Hapus
  18. Kapan nih mau masakin ikan buat aku, hehehe. Ikan lauk favoritku mba, erutama ikan laut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Tite kita masak bareng yuks...ini ikan Cakalang sudah bisa ditemukan di Jakarta,semoga di Bogor juga ada

      Hapus
  19. Wah wahh.. Jadi kangen masakan manado

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masakan Manado rasanya nendang habis...

      Hapus
  20. Emang makanan asal Manado paling de besttt deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manado surganya kuliner sa food bro,thanks

      Hapus
  21. Alamaaaak ikan bakarnya sedaaaaapppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap...tap..taps mbakyu,e nak bingits!

      Hapus
  22. Jadi ngiler bacanya.. Tulisannya seperti menggambarkan citarasa dari masakannya. Keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenikmatan yang senang tiasa menggugah selera,thanks

      Hapus
  23. WOW, masak pedas masak sedap dan enak ada di berbagai belahan bumi dengan keragamannya, enak dan sesuai selera.

    Bagi saya yang berasal dari jazirah utara Sulawesi, tentu suka dengan beberapa menu dari sana.

    Pernah mengalami krisis ikan (laut) karena illegal fishing, ikan-ikan dari Pacific ocean dijarah ponton asing, Roa dan Cakalang mahal di pasar.

    Mudah-mudahan kebijakan perikanan di negara kita semakin hari semakin baik, supaya rakyat boleh makan sehat dan bergizi dari sumberdayanya yang meruah di berbagai tempat.

    Duhai, mana masakannya Dennise? Jadi lapar deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. E do do e...harus digiatkan nih bangsa Indonesia untuk mengkomsumsi ikan.Boleh noh,kita masak dulu itu Cakalang Fufu,he he he...thanks ya

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. ulasan menarik dan bikin rasa ingin berkunjung ke Minahasa dengan menu makanan ikan laut yang enak dan "pedas" hehehe
    terima kasih sudah berbagi sist Dennise
    salam hangat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga melalui tulisan ini rasa kecintaan rakayat Indonesia untuk makanan laut lebih lagi,terimakasih bung Johanis sudah berkunjung

      Hapus
  26. Penasaran sm ikan roa, katanya bubur manado jodohny sambel roa ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak.Gizinya padat!karena dari bubur Manado saja sudah banyak sayuran terutama sayur labu merah terus ditambah sambel roa,sehari bisa gak makan karena kenyang,he he he

      Hapus
  27. E...do..do..e, tulisan ngana mantap, mengingatkan saya dengan kampung halaman di Makassar. Ikan(G) adalah bagian terpenting dalam menu makan sehari-hari. Nyandak boleh tidak, ikan(G) harus selalu siap di atas meja.
    Horas untuk ito Dennis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas juga bang Nur!hampir sama memang Manado,Makasar setiap hari pasti harus ada ikan.Kalo Makasar selain ikan bakarnya Coto Makasarnyapun nendang habis ya bang Nur,he he he

      Hapus
  28. Masakan khas Minahasa atau Manado memang unik, Kak. Aku mulai suka karena tinggal di Depok. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yang menariknya Helda bahan olahan laut ikan ini bisa dimasak berbagai rasa seperti woku dan ikan Cakalang yang favoritnya ikan Manado bisa untuk banyak campuran bisa Mie Cakalang ( Mie Kuning ditambah Cakalang suwir),Cakalang suwir rica.Pokoke enaknya tak terdandingi deh,semua rasanya nendang,he he he

      Hapus
  29. Habis baca blog ini jadi lapar saya kaka'

    BalasHapus
  30. Hi hi hi ngiler ya Ria,memang enak makanan olahan laut Minahasa dan halal 100 %

    BalasHapus
  31. Balasan
    1. Sama dong mbak Mut,apalagi ikan dari Minahasa,Cakalang,e...do..do..e enak sekali kang

      Hapus
  32. Penasaran sama ikan Roa mb. Gimana ya rasanya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya,wenakkk! Apalagi dibuat sambel roa wiih..makan dengan nasi hangat terus makannya pake tangan,mantap,tap,taps...kenikmatan tiada tara

      Hapus