Rabu, 31 Mei 2017

Ayam Dingin Segar:Pilihan Terbaik Untuk Keluarga


Hallo selamat pagi,
Saya Dennise.Kehidupanku di Jakarta dari kecil terbiasa dengan lingkungan kampung dengan penduduk yang mayoritas orang Betawi.Nah,uniknya setiap rumah orang Betawi ini rata-rata halamannya luas dan punya kandang ayam.Mereka berternak ayam kampung.Saya sering menyaksikan ayam-ayam "Kong Haji" ( kakek haji ) mencari makan rame-rame di halaman rumah.Ayam-ayam itu tidak mengenal makanan ayam instant seperti yang sekarang.Namun uniknya,walaupun mencari makan sendiri ayam-ayam itu sehat,montok dan tidak sakit

Foto:Ayam kampung sedang makan

Menikmati ayam kampung memang saya alami hingga dewasa.Orangtua saya yang juga orang dulu walaupun tidak memelihara ayam kampung tetapi di rumah selalu memasakkan ayam kampung untuk anak-anaknya
Sebenarnya apa sih istimewanya ayam kampung alias ayam Ndeso ini?
  • Dagingnya kenyal
  • Sedikit lemak
  • Kaya gizi
  • Gurih,rasa lebih enak
  • Makanannya alami
  • Empuk
Dulu saya suka lihat ibu dari pasar belanja ayam kampung yang masih hidup.Beliau  memotongnya sendiri yang dimulai dari lehernya ( berani ya ibu saya ) lalu memasukkan ke dalam air panas setelah mendidih diangkat
Nah,sekarang saya sudah menjadi "mom" untuk 2 putri saya Rachelle dan Immanuelle.Mereka itu penyuka segala jenis ayam.Baik ayam negeri maupun ayam kampung.Sesekali saya ijinkan anak-anak menikmati ayam instant tetapi itu dibatasi.Jauh lebih baik tentunya ayam olahan 

Dimana Saya Berbelanja Ayam?
Saya masih mengikuti cara tradisional orangtua saya yang menyukai "ayam kampung" tetapi masih hidup.Mengapa ayam hidup?
Karena kalau ayam mati ( artinya sudah disembelih dan dipotong-potong ) saya tidak tahu sudah berapa jam dipotong.Apakah potongan ayam pagi baru terjual siang /sore,tentunya ini memberi kesempatan kuman dan bakteri hinggap di daging ayam yang biasanya kalau di pasar tradisional ayam nya digelar begitu saja hingga lalat gampang hinggap
Oh ya saya berbelanja Ayam Segar di pasar tradisional.Wow...ini loh seru dan asyiknya.Namanya pasar tradional identik dengan becek air alias licin,aroma khasnya ayam dan suara "kotek-kotek" si ayam secara bersahutan.Tetapi saya suka suasananya.Apalagi saat mau membeli ayam si penjual menanyakan,
"mau pilih ayam yang mana? ada pilihannya di kandang"
Seru...kan
Saya biasanya lihat-lihat dulu mana ayamnya dan tentunya sesuai kebutuhan.Kalau makan sehari-hari biasanya yang ukuran sedang yang bisa dipotong menjadi 8

Bagaimana Prosesnya?
  • Pilih ayam
  • Ayam disembelih
  • Dimasukkan ke dalam panci besar berisi air panas
  • Dibersihkan bulunya dan dicuci
  • Dipotong,sesuai selera
Foto:proses pemilihan ayam hingga dimasak

Karena jarak antara pasar dan rumah ibu saya ( hanya 5 menit jalan kaki ) tidaklah jauh sesampainya di rumah ayam saya cuci kembali dan disimpan di kulkas (refrigerator) jika langsung mau dimakan hari itu juga namun kalau tujuannya untuk waktu yang lama saya bekukan di freezer
Saya punya tips untuk para ibu yang tidak punya waktu membeli ayam yang masih hidup.Bagaimana melihat ayam yang sudah disembelih itu masih layak dikomsumsi?
  • Kulit permukaan tampak segar dan lembut
  • Pori kulitnya licin
  • Kesat,tidak berair
  • Elastis ( jika ditekan kembali lagi )
  • Tidak beraroma ( bau )
Foto:proses ayam bersih-pemotongan 

Oh ya cerita diatas tadi saat saya berada di rumah ibu yang jarak rumahnya ke pasar tradisional hanya 5 menit saja jalan kaki.Saya biasa menitipkan anak-anak di hari sekolah.Namun saat weekend kami kembali ke rumah dan anak-anak minta makannya dengan lauk ayam saya pergi ke supermarket untuk mencari Ayam Dingin Segar yang ada di lemari pendingin

Ayam Dingin Segar itu apa ya?
Ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan/pembekuan dengan keadaan dingin suhu 0-4 derajat Celcius.Cara pembekuan ayam ini baik karena menjaga kualitas kesegaraan daging ayam dan menghambat pertumbuhan kuman

Namun ada beberapa hal yang perlu "moms" amati sebelum membeli ayam dingin segar di supermarket:
Kemasan
Perhatikan kondisi plastik apakah segel plastiknya masih terbungkus rapi.Karena jika terbuka memberi ruang untuk bakteri masuk
Warna
Periksa warnanya.Walaupun jarang ditemukan di supermarket jangan sampai warnanya abu-abu,biru atau pucat.Yang benar itu putih segar
Tekstur
Kenyal tidak keras/kaku saat di pegang
Aroma
Tidak ada aroma apapun



Saran saya untuk memperoleh Ayam Dingin Segar jika tidak dapat yang ayam hidup langsung disembelih di pasar belilah di supermarket yang kualitasnya sudah terjamin.Jangan membeli di pasar tradisional yang sudah terpotong dan dijual di jalan apalagi sudah dihinggapi lalat

Keuntungan Komsumsi Ayam Dingin Segar
Higenis
Karena bersih dan dibungkus rapi
Mudah Diperoleh
Sudah ada di mini dan supermarket
Rasa Nikmat
Rasanya tidak berubah dari mulai dipotong,packing dan simpan di freezer
Harga
Terjangkau untuk semua lapisan masyarakat

Ada 3 keunikan dari Ayam Dingin Segar ini,apa saja?

Segar
Ayam dingin ini tentunya segar-fresh.Saat Anda keluarkan dari kulkas dagingnya masih utuh terjaga kualitasnya.Segar,tidak beda ketika Anda beli.Yang terpenting diperhatikan saat penyimpanan suhu kurang dari 4 derajat Celcius ketika di kulkas dan jika berencana menyimpan lama ( dibekukan ) simpan dengan suhu dibawah -18 derajat Celcius dalam freezer,segarnya bisa 5-6 bulan

Praktis
Tentunya ayam dingin segar ini sangat praktis.Sebagai ibu yang juga bekerja tentunya waktu saya tidaklah banyak untuk belanja ayam ke pasar/supermarket.Dengan adanya stock Ayam Dingin Segar kapan saja mau mengkomsumsi tinggal ambil dari kulkas

Serbaguna
Ayam Dingin Segar ini ayam yang serbaguna mau diolah apa saja bisa.Buat ayam goreng,opor,ayam bakar ataupun diolah dengan resep dari negara lain nikmatnya tetap sama

Foto:Ayam Dingin Segar Diolah jadi Ayam Kuning

Pilihlah Ayam Dingin Segar untuk keluarga tercinta Anda.Ayam Dingin Segar kualitasnya terjamin harga terjangkau ( D/s )

More info :
IG              :ayamdinginsegar
Twitter     :ayamdinginsegar

22 komentar:

  1. Wah jadi makin paham ayam yg berkualitas baik itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bisa menjadi inspirasi

      Hapus
  2. Jarang banget sih beli ayam.dingin segar karena takut klo beli ayam beku, ayamnya sudah kurang segar. Enak ya kak klo ada yang jual ayam kampung tp sdh bersih dan segar meskipun dingin. Ayam kampung lebih gurih rasanya dan sedikit lemak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi boleh coba y
      ayam dingin segar yang di supermarket pasti tidak kecewa,he...he...he

      Hapus
  3. wah makasih tips milih ayamnya ka Dennise.. penting nih, soalnya semua orang di rumah doyan banget makan ayam jadi harus pinter2 milih ayamnya...

    BalasHapus
  4. Waah baru tahu ada ayam dingin segar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tau Mas Agung dari websitenya,thanks ya sudah mampir

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Jadi pingin makan ayam goreng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam itu selalu menggoda untuk dinikmati

      Hapus
  6. Kalau beli ayam di pasar kan harus pagi kalau di pasar, jadi ayam dingin segar memang salah satu pilihan bagus. Bisa dibeli di supermarket. Terimakasih ya, info cara milih ayam dingin segar.

    BalasHapus
  7. Setuju mbak,kita hemat waktu dan praktis

    BalasHapus
  8. Pas banget ya klo kita ga sempet ke pasar pagi hari kita bisa beli ayam dingin segar ini di supermarket

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Fanny,cocok juga Fanny yang memiliki anak jagoan2 cilik biasanya anak laki2 paling kuat makan ayam ya

      Hapus
  9. Wah ulasan yanh kece, jadi tau klo didinginkan dibawah suhu -4 derajat daging ayam terjaga kualitasnya

    BalasHapus
  10. Wah baru tau klo daging ditaruh di suhu -4 derajat bisa awet dan itu bisa dapet yg simpel di ayam dingin swgar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun baru tahu banyak infonya setelah baca website www.ayamdinginsegar.com

      Hapus
  11. Makin banyak pilihan ya sekarang untuk mengkonsunsi ayam segar. Daging segar dingin Hieginis dan halal pasti ya mba denisse waktu proses penyembelihannyw?

    BalasHapus
    Balasan
    1. So pasti halal mbak Diah.Apalagi penduduk Indonesia yang mayoritas muslim tentunya ini sangat penting

      Hapus
  12. bener tuh kak. kalo ke pasar terus liat ayam yang kebiruan malah serem.. ogah mampir. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Uwan,kita harus smart dalam memilih ayam untuk kesehatan tubuh

      Hapus