Selasa, 22 Agustus 2017

Nutricia Husada :Indonesia Merdeka Diare



Cindy seorang ibu muda berbagi cerita ketika anaknya di usia 2 tahun mengalami diare

"Anak saya pernah 2 kali diare.Pertama seharian saya panik juga tetapi belum saya bawa ke dokter.Pikir saya bisa ditangani.Namun saya menjadi panik sekali ketika anak saya selama 5 hari mengalami diare.Saya langsung membawa ke dokter"

Cindy,saya dan bunda-bunda lain tentunya pernah mengalami kepanikan tinggi dan bingung harus melakukan apa ketika si kecil terkena diare.Kepanikan itu hal yang wajar,walaupun kadang para bunda jadi bingung hendak melakukan apa untuk si buah hati

Nah,Nutricia Husada saat ini melalui kampanye #IndonesiaMerdekaDiare ingin mengedukasikan diare dan penanganannya.Salah satu kampanyenya adalah dengan melakukan media gathering,Selasa 22 Aguatus 2017 bertempat di Kembang Goela Restaurant,Jakarta



Talkshow yang dipandu oleh Amy Zein menghadirkan DR.Dr.Ariani Dewi Widodo,Sp.A (K),Nabhila Chairunnisa,Brand Manager Digestive Care-Sari Husada dan Cindy,ibu muda

"Diare adalah kondisi dimana penderita mengalami BAB lebih dari 2-3 dalam 24 jam dengan kondisi feses yang lembek /cair",ujar Dr Ariani
"Resiko dari terkena diare pada anak antara lain anak memiliki resiko kurang gizi,beresiko pendek 3,6 cm ketika berusia 7 tahun dibandingkan teman seumurnya dan mengalami IQ lebih rendah",tutur  dokter berwajah ayu ini



Sebagai informasi untuk para bunda nih...
Penyebab diare paling umum adalah infeksi pada usus yang disebabkan oleh virus,bakteri.Dan diare yang menyebabkan kematian adalah Diare Rotavirus dimana terjadi kerusakan jonjot usus sehingga produksi beberapa enzim diantaranya enzim laktase berkurang.

Gunanya enxim laktase untuk mencerna gula alami (laktosa ) yang terdapat pada susu.Laktosa yang tidak dicerna akhirnya tidak dapat diserap sehingga menyebabkan diare semakin berat,kembung dan tinja berbau asam
Ada beberapa mitos yang mengatakan seperti ini saat anak diare

Mitos yang salah





"Untuk para ibu ketika anaknya mengalami diare jangan panik ya,bu.Ada beberapa cara penanganan diare :


Lalu kapan harus ke dokter?


Jangan ditunda ya bu,lebih cepat lebih baik

Kampanye Indonesia Merdeka Diare

Nutricia Sarihusada
berkomitmen untuk memastikan tingkat kehidupan yang lebih baik untuk generasi sekarang dan akan datang melalui pemenuhan nutrisi pada tahap awal kehidupan.Nutricia-Sarihusada percaya bahwa pemenuhan nutrisi sehat selama 1000 hari pertama anak sejak dalam kandungan hingga tahun ke-2 akan berdampak seumur hidup

Tidak hanya care dibidang nutrisi tetapi Nutricia Sarihusada juga care dengan diare.Dengan melakukan kampanye Indonesia Merdeka Diare diharapkan anak-anak Indonesia merdeka diare.Sebab inilah faktanya kondisi diare anak-anak Indonesia


Nabhila Chairunnissa,berbagai cerita kepada insan media tentang kondisi diare di Indonesia yang memperhatikan bahwa 1 dari 7 Anak Indonesia mengalami diare
"Hanya 1 dari 10 ribu ibu merasa yakin telah melakukan penanganan yang tepat saat anak diare.Kondisi ini yang membuat Nutricia Sarihusada melalui kampanye #IndonesiaMerdekaDiare berkomitmen untuk membantu para ibu di Indonesia aware masalah diare.Kampanye edukasi ini diharapkan membuat banyak ibu semakin mengerti penanganan yang tepat diare pada anak"

Seperti apa edukasi yang diberikan?
Salah satunya melalui sosial media seperti youtube,jnstragram,website maupun twitter


"Ada 4 video miniseries yang bisa ditonton di Prof.Nutri Bicara Diare 
yaitu : Dampak Diare,Kenali Diare,Jenis Diare dan Hal Penting Hadapi Diare.Melalui video ini diharapkan dapat menjangkau ribuan ibu.Seperti saat anak diare sebaiknya ibu jangan panik.Ada 5 langkah yang dapat ibu lakukan",ucap wanita  berhijab ini.

Seperti apa langkahnya?


"Kami berharap,informasi penting ini dapat dijadikan pedoman atasi diare pada anak oleh para ibu.Dengan pengetahuan yang memadai para ibu dapat memberikan penanganan yang tepat saat anak menderita diare dan tetap menjaga tumbuh kembang yang optimal.Dan anak-anak Indonesia merdeka dari diare".Ditambahkan juga kampanye #IndonesiaMerdekaDiare tidak hanya di Jakarta tetapi akan menyusul di kota Medan dan Surabaya (D/s)

#IndonesiaMerdekaDiare
#AnakIndosehat


Salam hangat, 
Dennise
dennisesihombing@gmail.com
WA: 087874482128

48 komentar:

  1. Duh, paling repot deh kalo anak2 diare. bolak balik toilet dan kasian banget liat mereka kepayahan, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bu Putu dan seringkali kita para ibu jadi nervous ketika anak terkena diare

      Hapus
  2. Kalau anak diare pasti khawatir bgt. Baca artikel ini jadi tahu kalau pengetahuan saya tentang penanganan diare belum semuanya betul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama-sama belajar ya bu dalam menangani diare pada anak

      Hapus
  3. langkag-langkah nub sudah oke, jadi para ibu bisa tau dan mencegah diare

    BalasHapus
  4. Langkag yang tepat ya Bun untuk kita para ibu

    BalasHapus
  5. Negeri juga ya, diare bisa berpengaruh pada kecerdasan dan tinggi tubuh. Sayangnya, angka kejadiannya masih banyak di Indonesia. semoga proses edukasi Kampanye Indonesia Merdeka Diare berjalan sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nutricia Husada sangat care untuk masalah tumbuh kembang dan kesehatan anak. Saya setuju mbak semoga kampanye ini bisa mengurangi angka diare di Indonesia dan ibu2 nya semakin cerdas ketika si kecil terkena diare

      Hapus
  6. diare bisa jadi berbahaya klo salah penanganan, anakku mada pernah tuh diare 3 hari, minum teh pait gak mempan ternyata ada diagnosa tipes dan akhirnya rawat inap seminggu

    kampanye ini bagus ya untuk indonesia bebas diare

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya bund,Indonesia merdeka diare agar generasi bangsa sehat dan berprestasi

      Hapus
  7. Kliatannya sepele tapi diare bahaya juga rupanya ya.

    BalasHapus
  8. Banget mbak!kita orang dewasa tidak nyaman apalagi anak-anak

    BalasHapus
  9. Anak anak diare emang butuh sabar aja ya, ngga usah panik dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak karena kalo panik susah berpikir jernih ketika si kecil sqkit

      Hapus
  10. Kebayang deh menderitanya kalau diare ya, saya aja kalau suka sakit prut bolak balik WC itu ga enak.. mana plus lemes.. semoga indonesia bebas diare!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, harapan kita bersama ya Indonesia merdeka diare

      Hapus
  11. diare itu penyakit yg bikin pusing
    org tua aja kalo sakit rasanya gak karu2an apalagi anak2 ya hehehe
    sehat selalu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bu Avy. Semoga Indonesia bisa merdeka diare ya

      Hapus
  12. Kita sebagai ortu nggak boleh panik tapi nggak boleh lalai juga ya, takutnya ada penyakit lain juga. Pun penangan yang paling dasar kita harus tahu. Semoga kampanye untuk merdeka dari diare tercapai ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien kk Gita. Kita sama-sama bantu ya program Nutricia ini untuk merdeka diare

      Hapus
  13. Memang masih banyak mitos2x didunia kesehatan yg harus diluruskan

    BalasHapus
  14. Sebenernya diare itu cukup umum, cuma mesti waspada sama tanda-tanda kalau udah masuk fase kegawatdaruratan, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sis, kadang karena panik khawatir nya nambah dan diare jadi taj tertangani

      Hapus
  15. Memang ga bisa dianggap sepele, Sakit Diare ini berujung dehidrasi setau saya. Makanya suka ga tega klo ada bayi kecil yg sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aware and care itu sangat penting ketika si kecil mengalami diare

      Hapus
  16. Soal susu itu cocok - cocokan juga kan ya? Dulu sepupuku sempat diare karena salah susu wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Putri, namun ASI itu jauh lebih baik daripada susu bubuk lainnya

      Hapus
  17. Wah, noted untuk pengetahuan bapak siaga, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he he kalaupun belum jadi bapak berguna juga untuk ponakan

      Hapus
  18. Diare itu tidak enak dan juga bisa membahayakan jika berlarut-larut. Kasihan juga anaknya. Salam mba Dennise

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita yang dewasa saja merasa tidak enak ya apalagi anak2 ya. Semoga Indonesia ke depannya bisa merdeka dari diare ya jeung Dewi

      Hapus
  19. Duhh pas anak2 msh kecil2, diare ini momok bgt lho buat aku ka. Btw, makasih yaa informasinya..

    BalasHapus
  20. artikel yg bagus buat para ibu apalagi yg masih punya putra putri masih menyusui. Sayang saya udah gak gedeee udah ga minum ASI lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu hari artikel ini juga bermanfaat untuk mas Idfi ya

      Hapus
  21. Diare memang jangan dianggap enteng ya. Duuh ngeri aku, pernah punya pengalaman juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bu! Semoga ke depannya Indonesia merdeka diare ya

      Hapus
  22. Ngeri klo anak diare apalagi yang masih di bawah 2 th, jadi inget sepupu yang kena diare waktu usia di bawah 2 th... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul dan tentunya diharapkan tidak saja para Bunda ikut berpartisipasi tetapi juga anggota keluarga untuk membuat Indonesia merdeka diare

      Hapus
  23. Duh klo anak kena diare tuh kasian. Kita aja yg dewasa, klo diare lemes banget badannya. Kebayang gimana klo anak2. Mknya biasanya mereka rewel banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan anak2 kalo kena diare. Semoga di tahun mendatang Indonesia merdeka diare ya

      Hapus
  24. Kasihan kalau si kecil kena diare, terutama baby perempuan nih yg sering terserang.Makanya baby perempuan sangat dianjurkan utk vaksin rotavirus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun mendatang Indonesia Merdeka Diare ya bu

      Hapus
  25. Duh, org dewasa aja kl lagi diare jadi repot bgt bolak-balik ke WC + jd lemes, apalagi kl anak2 ya :-/
    Makin repot lagi kalau lagi jalan2 trus terkena diare. Makanya skrg selalu sedia diapet ama oralit deh kl pergi2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Timo, semoga kampanye Indonesia Merdeka Diare terwujud ya

      Hapus
  26. Diare bikin repot emang terutama kalo kita lagi banyak aktivitas...untung anak anak udah gede nih jadi perkara obat diare udah minum takaran dewasa which is lebih berefek sama mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, diare sangat tidak menyenangkan terutama dengan anak2.Semoga program Indonesia Merdeka Diare dapat terwujud ya

      Hapus