Menulis Cerita Misteri, Ngeri-ngeri Sedap Euy!


*"Aku melihat samar-samar sosoknya berbaju putih panjang terusan, rambutnya panjang berjuntai.Saat itu aku ingin memperjelas, tetapi bayangan itu langsung hilang", cerita Abaz, sahabatku

"Kamu lihatnya dimana?!"

"Di pohon rambutan depan rumahmu. Kan gelap,waktu itu kalau gak salah malam Jum'at. Aku mencium aroma yang menyengat!", tutur Abaz

"Aku kok tidak melihat? padahal kita sama-sama duduk di teras!", protesku

"Tidak semua orang bisa melihat mahluk halus Dennise...di rumahku yang bisa melihat ayah dan aku saja. 2 kakakku dan adikku tidak! Saat aku bercerita ada mahluk halus pada kakak dan adiikku, mereka tidak percaya. Mereka bilang aku ngada-ngada. Padahal aku sudah ceritakan bahwa baru saja mahluk itu lewat, tetapi tetap saja tidak percaya"

Aku sama dengan kakak dan adiknya Abas,tidak percaya ( mungkin karena belum pernah ) bertemu alias tanpa sengaja papasan. Tapi kalau boleh jujur yaa... jangan sampai bertemu,takut!!!

Di belakang rumahku persis ada wakaf/ kuburan untuk warga setempat. Jumlah yang meninggal sudah tak terhitung berapa ratus orang yang pernah dikubur. Aku saja tingggal disana sudah ada 30 tahun. Banyak yang meninggal yang aku kenal baik, karena tetangga rumah. Tetapi Puji Tuhan kami sekeluarga tidak pernah diganggu oleh mereka yang alamnya berbeda. Sampai sekarang kami tinggal tentram dan tenang saja tanpa gangguan

Dari kecil, aku paling suka membaca dan menulis. Biasanya kegiatan itu sejalan, selesai membaca dapat ide langsung aku tuliskan. Apa yang aku baca? banyak! Mulai dari cerita dongeng, novel, true story. Semua bacaan aku suka, kecuali "misteri". Gimana mau menuliskan cerita yang bagus dan benar hidup,wong...saya-nya saja paling takut dan tidak begitu percaya,Apa iya ada?



Dan dikesempatan Jum'at 20 Oktober 2017 saya bersama dengan teman-teman dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur ( ISB ) berkesempatan hadir untuk acara KOPDAR KASKUS Creator yang mengangkat tema Merangkai Kisah Misteri . Ada 3 nara sumber  yang hadir yaitu Kulon.kali aka WN 
( KASKUS Creator ), Koko Nata ( Forum Lingkar Pena ), Mbah Mijan yang dipandu oleh MC AB

Foto ki-ka:Kulon,Koko,Mbah Mijan & MC

Bertempat di kantor KASKUS Menara Palma Annex Building Kuningan, Jakarta hadir disana tidak saja dari komunitas ISB tetapi ada Forum Supranatural, Forum Kaskuser Bogor dan Forum Lingkar Pena
Suara-suara dari sound effect yang menegangkan membuat suasana semakin mencekam. Sebagian dari kami, termasuk aku, berteriak ketika mendengar bunyi yang ahhh....gubrakkkk....takut untuk menuliskannya. Pokoknya seerem-lah

Adalah Koko Nata Kusuma, penulis di Forum Lingkar Pena yang berbagi informasi dan pengalaman seputar teknik menulis cerita misteri
7 Hal yang wajib diperhatikan:

Tahu Makna Misteri
Misteri itu samar-samar untuk dimengerti. Dalam cerita misteri itu tidak harus cerita tentang hantu. Misteri kematian seorang mahasiswa, misalnya.Bagaimana awalnya terbunuh, dengan siapa sampai akhirnya mati tapi tak seorangpun tahu penyebabnya. Ini adalah cerita misteri yang sebenarnya dan tidak ada kaitannya dengan setan dan cs-nya


Menentukan Sumber Ketakutan
Anakku, seringkali takut ketika mendengar suara gaduh yang aneh di tengah malam. Kupingnya peka sekali. Beda dengan temanku yang takut dengan gelap. Dia merasa setiap kali ada gelap ditambah kesunyian merasa ada mahluk halus yang lewat. Nah, ke-2 hal diatas bisa dijadikan bahan untuk menulis sebab dari Sumber Ketakutan adalah....hal diatas tadi antara lain

Menentukan Judul
Tentukan judul apa yang tepat untuk cerita misteri Anda. Judul yang menyeramkan tentunya jauh lebih menegangkan dibanding yang biasa-biasa saja

Membuat Story Map
Disini penulis menentukan karakter tokoh, alur cerita, komplik cerita + solusi dan setting cerita misteri ada dimana

Membuat Kerangka Utuh
Kerangka cerita yang mulai awal, pertengahan dan ending dari cerita

Mulai Menulis
Sekarang kamu mulai deh menulis cerita misteri. Aku, setelah membaca tips ini, jujur ya nulisnya ngeri-ngeri sedap. Ada cerita misteri kisah nyata dari temanku yang hidupnya dekat dengan mahluk halus. Namun, aku kok belum punya kekuatan penuh untuk menulisnya, nah loh,
jangan-jangan....auuuu...kok tiba-tiba bulu kudukku merinding, pertanda apa ini?!

Endapkan Dahulu
Sebelum diposting tulisan endapkan dahulu, periksa apakah ada typo untuk penulisan setelah semua bagus dan rapi baru di posting

Kulon.kali aka WN,SIAPA DIA?
Namanya unik ya! baru sekali aku mendengar nama itu dan agak sulit menyebutkan namanya. Senada dengan namanya yang unik, orangnyapun unik. Siapa yang sangka dibalik penampilannya yang menurutku  lebih pantas disebut "Comedian" ( maaf ya mas...habisnya kamu lucu sih. Wajahmu itu loh lebih pantes jadi pelawak daripada penulis cerita misteri )

Foto :Mas Kulon Berbagi Cerita 

Aku panggilnya mas Kulon saja ya. Dibalik penampilannya yang bersahaja dan cenge-ngesan ternyata beliau ini  penulis cerita misteri di KASKUS loh yang berjudul 100 Tahun Setelah Aku Mati. Ini cerita nyata dari seorang temannya Kulon yang bercerita tentang seorang perempuan yang telah meninggal 100 tahun yang lalu. Sari meninggalnya mengerikan kulitnya membiru, matanya seperti mau keluar dan kusut tampangnya. Sari mati ditenggelamkan.
Kisah ini membuat bulu kuduk berdiri....dan cerita tersebut sangat dinanti oleh pembaca KASKUS dimana ada 3,5 juta yang sudah membaca. Apa kekuatannya?  di cerita yang sarat polemik, misteri, menegangkan dan buat penasaran

Cerita misteri itu selalu buat penasaran apalagi yang dibumbui mahluk halus.Ngeri-ngeri sedap euy...
Seperti yang dikatakan Mbah Mijan Creator KASKUS yang menulis sejak tahun 2011 bahwa kehadiran mahluk halus itu ada 2 cara dengan ritual khusus
( misalnya sembayang dengan sesajen di malam Jum'at ) atau Datang Sendiri tanpa di undang. Bisa saat Anda berteriak ketakutan, merinding bulu kuduk atau dengan sendirinya tiba-tiba wajahnya ditampakkan. Aaaauuu....tatut!!!

Mau ngomong jujur nih ya, sebenarnya tulisan ini mau diposting tadi malam. Tetapi karena pas malam Jum'at ya kok aku diselimuti oleh rasa takut yang mencekam, jangan-jangan ada yang mengawasi saat saya menulis dengan wajah yang tidak jelas namun aroma kemenyamnya menyengat.TIDAK !!!! dunia kita beda coy,jangan....( D/s)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIJRAH EKSTREM:Perjalanan Hati Seorang Wanita Tangguh

Herbatia Mewujudkan Tubuh Sehat Alami

Kampanye Isi Piringku: Rasa Cinta Untuk Anak dan Nyokap