Kampanye Isi Piringku: Rasa Cinta Untuk Anak dan Nyokap


Kata Nyokap,hayoo...siapa yang belum familiar? Ini bahasa slank orang Jakarta yang artinya= ibu/ mama. Tidak hanya di Jakarta bahasa gaul ini sudah menjadi umum di masyarakat.Nyokap, ibu, mama, nyak sama saja artinya. Seorang wanita yang telah berjasa melahirkan kita. Saya ke ibu walaupun membahasakan mama namun keseharian ketika ngobrol dengan teman mengatakan,
" Eh gue telpon nyokap dulu ya"

Kedekatan saya dan nyokap sudah terjalin sejak kecil, remaja hingga berkeluarga. Faktor anak tunggal jadi rasa dekatnya beda. Saya walaupun jauh misalnya ketika bertugas keluar kota selalu menyempatkan diri untuk menelpon nyokap untuk menanyakan kabar beliau apakah sehat, sudah makan atau mau dibawain makanan apa?
Bentuk cinta dan sayang begitu mudah hanya dengan Nelpon Nyokap 


Dikalangan teman-teman saya dikenal dengan anak mami yang begitu dekat dan perhatian ke nyokap
"Mama sudah makan apa?"
"Belum nak!bingung mau makan apa?"
"Ma di dekat tempat kerjaku ada ayam lunak masak Kalasan. Pasti mama suka ayamnya empuk sampai ke tulang-tulang"

Di usia senja kadang para orangtua malas makan. Banyak faktor penyebabnya selain kondisi kesehatan yang kurang fit gigipun berpengaruh, tidak penuh lagi alias  banyak yang ompong.

Mengapa saya menanyakan makanan? Karena dengan makan nyokap ada energi untuk bergerak. Apalagi nyokap saya di rumah tinggal sendiri walaupun gesit namun terkadang urusan perut seringkali terlupakan

Ternyata tentang Nelpon Nyokap dan bertanya sudah makan belum? Sejalan dengan Ajeng Raviando, Psikolog yang juga ibu dan memiliki orangtua "ibu"

Foto: Ajeng Raviando

"Kita kerap lupa baik disadari maupun tidak lupa memberi perhatian yang sederhana pada ibu kita.
Hal sederhana yang dapat kita lakukan dengan menunjukkan rasa kasih sayang kita melalui makanan. Misalnya dengan cara memberikan makanan kegemaran ibu kita, memasak untuk ibu kita atau hanya sekedar menanyakan keseharian makanannya. Hal-hal ini mungkin tampak sepele namun memberikan dampak psikologi positif bagi orang-orang yang kita sayangi", ucap psikolog cantik yang hadir di acara bincang-bincang Bangun Momen Hari Ibu Lewat,Udah Nelpon Nyokap?


Bertempat di Eat & Eat FX Sudirman, Jakarta, Kamis 21 Desember 2017 hadir juga Wailayati Ningsih-Senior Health and Nutrition Manager Danone Indonesia, Aldis Ruslialdi-Nutritionis, Myrna Soeryo-Chief Community Officer Womanation dan Harry Setiawan-Penggagas Udah Nelpon Nyokap?

"Gerakan kampanye Udah Nelpon Nyokap? diharapkan bisa menjadi sebagai "pengingat" untuk mereka yang ada di umur-umur akhir  akhir golongan milenial dan awal-awal Gen-X untuk terus menjaga kedekatan dan kehangatan dengan Ibu, sebagai tempat berbagi  cerita", tutur Harry Setiawan

Foto: Harry Setiawan

Menurut IPSOS sebuah institusi riset pasar independen bahwa kehidupan modern ibu zaman now harus siap multi-tasking  dalam menjalankan perannya sebagai ibu dan juga perempuan bekerja. Untuk itu keperluan merawat dan menjaga anak masih tergantung kepada keluarga inti salah satunya ibu.

Jasa ibu ini tentunya dapat kita aspirasi untuk lebih sayang kepada ibu yang melahirkan kita atau ibu mertua


Bercerita tentang Womanation saya sudah bergabung menjadi membernya. Wadah komunitas perempuan di Indonesia ini memiliki sekitar 2000 anggota yang tersebar di Indonesia.

Wadah yang nyaman bagi wanita beserta keluarganya agar saling mengispirasi dan membuat berdaya. Dan mampu menciptakan atmosfer dimana para wanita secara mandiri dapat bertumbuh menjalani perannya sebagai istri, ibu dan tentunya wanita

"Womanation ingin memberikan apresiasi kepada ibu yang telah berjasa dalam mendidik dan membesarkan anaknya. Hal ini sejalan dengan visi dan misi dari komunitas Womanation menghargai dan memberdayakan perempuan sehingga memberikan kontribusi untuk bangsa", ucap Myrna Soeryo


Wanita yang siang itu tampil cantik dengan baju nuansa pink lebih lanjut menambahkan lagi,
"Dalam rangka hari ibu, kami bekerjasama sebagai mitra kampanye Udah Nelpon Nyokap? dimana dari hal kecil seperti menelpon ibu dan menanyakan kesehariannya di kala usia senja termasuk apa yang dimakannya dapat mempererat tali kasih ibu dan anak"

Tidak hanya mendukung kampanye Udah Nelpon Nyokap? tetapi Womanationpun mendukung kampanye Danone Indonesia "Isi Piringku"


Foto : Tumpeng Gizi Seimbang 

Kalau dulu kita biasa memakai istilah 4 Sehat  5 Sempurna kini berganti menjadi Isi Piringku yang  digagas oleh pemerintah. Sehat berawal dari Isi Piring Makanan. Slogan ini digerakkan oleh Kementerian Kesehatan. Gerakkan Isi Piringku dimulai pada 24 November 2017.

Ada 4 pesan penting dari Tumpeng Gizi Seimbang yaitu:

  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari
  • Lakukan aktifitas fisik olahraga misalnya, minimal 30 menit
  • Rutin menimbang berat badan untuk mengetahui kondisi tubuh
  • Makan bergizi.Makanan yang sehat mengacu pada prinsip Isi Piringku
Namun saat ini anak Indonesia di usia antara 4-6 tahun mengalami krisis gizi sehat hal ini dikarenakan antara lain :

  • tidak biasa sarapan, sukanya pagi jajan
  • tidak suka sayur
  • suka pilih-pilih makanan
  • kurang minum air putih
  • kebiasaan jajan yang tidak sehat


Biasanya anak-anak paling suka jajan di jalan yang banyak dikerebuti anak sebayanya, banyak mengandung pewarna dan bumbu penyebab rasa yang instan.


Sumber foto: tribunnews.com

Foto diatas adalah contoh makanan tidak sehat. Namun namanya anak-anak belum pintar membedakan makanan sehat/ tidak. Ada 2 masalah kesehatan apabila anak-anak suka pilih makanan :

Stunting yaitu masalah gizi kronis pada anak balita yang disebabkan kurangnya asupan gizi dan umumnya gizi yang dimakan tidak sesuai dengan asupan gizi. Selain pertumbuhan badannya terhambat ( tingginya dibawah rata-rata ) perkembangan otak si anakpun melamban karena kekurangan gizi yang disebabkan suka pilih-pilih makanan
Foto: anak stunting dengan tinggi berbeda

OBESITAS
Ini kebalikannya. Semua makanan masuk tanpa pilih-pilih. Anak balita rentan obesitas. Apalagi biasanya anak gemuk itu lucu. Sehingga tanpa disadariorangtua memberi semua makanan untuk anak.tanda ada kendali. Akibatnya anak mengalami obesitas ( gemuk berlebih )

Foto: anak obesitas

Untuk itu tugas kita orangtua memberi contoh Isi Piring yang sehat agar anak terhindar dari Stunting maupun Obesitas.

Pemerintah semangat meng-kampanye-kan Isi Piringku yang sehat. Namun tentunya pemerintah tidak dapat bergerak sendiri, kita sebagai orangtuapun harus ikut berpartisipasi memberikan Isi Piring Sehat untuk anak kita.

Kampanye Danone Isi  Piringku memberikan ilmu kepada para Ibu yang hadir bagaimana  Isi Piringku itu yang sehat yaitu isinya makanan pokok 2/3, protein 1/3, buah + sayur 1/2 dari isi piring


Pada anak usia 4-6 tahun umumnya si anak sudah bisa makan sendiri. Namun mereka lebih sering pilih-pilih. Lebih banyak protein lauknya daripada karbohidrat. Dan suka jajan.
Namanya anak-anak mereka belum bisa membedakan makanan yang sehat. Yang penting menarik, berwarna terang dan enak di lidah.
Sementara untuk sayur tidak suka sama sekali. Karena biasanya sayur itu tidak seenak buah yang rasanya segar dan lebih manis. Padahal sayur dan buah itu yang baik. Kaya serat dan bervitamin tinggi
Foto: expresi anak.menolak sayur

"Tugas kita sebagai orangtua untuk memberi contoh pada anak-anak untuk suka makan sayur dan buah. Jika kita suka maka mereka akan menirunya", ucap Wailayati

Acara talkshow seperti ini memang paling seru. Karena para ibu termasuk saya bisik-bisik. Berasa banget tidak jadi role model untuk anak-anak. Mumpung anak-anak masih kecil bu-ibu kita beri contoh untuk giat makan sayur. Sayur itu kaya vitamin dan bagus untuk kecerdasan otak.

Lebih lanjut  Senior Health and Nutrition Manager Danone Indonesia ini mengemukakan, "Tetapi sekarang semakin banyak ibu yang pintar dan bisa memilah-milah. Bahwa karbohidrat tidak saja didatangkan dari nasi saja namun ada umbi-umbian yang bisa jadi pengganti. Begitupun untuk protein tidak melulu harus daging tetapi ada tempe dan tahu yang bisa jadi pengganti"

Bentuk perhatian ibu kepada anak juga dalam makanan. "Setiap hari adalah hari yang pantas untuk menunjukkan kasih sayang terhadap ibu. Kita bisa menanyakan kepada ibu kita dengan bertanya, "Apa kabar ibu hari ini?
Apakah ibu sudah makan, apa lauknya?", tutur Wailayati
Dulu zaman ibu kita kepada kita pilihan menu makanan tidaklah sebanyak sekarang yang variatif namun jika tidak cerdas memilih makanan yang dimakan menjadi sampah penumpukkan lemak dan karbohidrat.

Kalimat  sama yang dulu beliau,ibu kita pernah tanyakan kepada kita," kamu sudah makan nak? Makan apa tadi?"

Ucapan ibu Wailayati sama persis yang dulu nyokap saya katakan. Beliau sangat care ketika aku sudah bekerja selalu ditanyakan,
"Makan apa tadi di kantor? Apa lauknya?"

"Pengenalan asupan nutrisi seimbang pada anak memang harus dimulai sejak dini. Karena nutrisi adalah sumber daya yang memungkinkan tubuh untuk berfungsi dengan baik dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Tidak hanya Isi Piring yang sehat namun kita juga hendaknya  rajin berolahraga dengan bergerak mininal 30 menit setiap harinya. Tidak hanya sehat tetapi juga menghindari berbagai penyakit seperti jantung, diabetes", tambah wanita murah senyum ini

Nutrisi yang baik diperoleh dari makanan yang kita komsumsi sehari-hari dimana didalamnya mengandung vitamin, lemak, karbohidrat, protein", ucap Aldis-Nutrionis menyampaikan pendapatnya tentang pengenalan nutrisi pada anak.

"Untuk itu sebagai ibu kita wajib memperhatikan kebutuhan nutrisi anak karena berpengaruh pada organ dalam tubuhnya. Gizi dan nutrisi yang buruk selain mengganggu kesehatan juga kekebalan tubuh menurun, cepat sakit hingga terganggu perkembangan otaknya"

Bagaimana jika anak tidak suka sayur?
Ini tips dari Aldis:
  • Sayur diolah menarik ( buat sop, perkedel atau nasi goreng sayur)
  • Perkenalkan macam-macam jenis warna sayur (  misalkan orange untuk wortel, kuning untuk labu siam, ungu untuk terong. Jadi tidak hanya hijau saja yang dikenal anak-anak )
  • Makan sayur bersama. Dengan moment makan bersama di meja makan dan Anda lahap mengunyah sayur dengan nikmat maka si kecil ikut juga menirunya
Foto: contoh anak suka sayur & buah

Ada 4 pilar untuk menghasilkan makanan sehat yaitu:

  1. Saat berbelanja selektif dalam memilih processed food
  2. Saat menyimpan,berikan akses lebih mudah untuk mengambil makanan sehat
  3. Saat mengolah
  4. Saat menyajikan pastikan sesuai porsi gizi seimbang

Bu,ibu...
Mumpung nih ya anak-anak kita masih balita masih bisa diajak ngobrol ( kalau ABG sudah pintar melawan,he...he..he ), yuks terapin kampanye Danone Indonesia  " Isi Piringku". Berikan makanan yang sehat bergizi dan perbanyak makan sayur dan buah. Anak sehat, anak cerdas, Anak Indonesia


Danone Revolusi Pangan mendorong agar masyarakat mengkomsumsi makanan sehat  dimana Danone mengajak masyarakat untuk menyadari bahwa pemilihan makanan dan minuman yang kita komsumsi akan menentukan masa depan bumi yang kita tinggali. Untuk itu pilihlah makanan yang sehat

Dan....ayo para ibu kita tunjukkan rasa sayang kita pada ibu, mertua tercinta dengan membangun momen Udah Nelpon Nyokap? Rasa sayang itu tidak harus melalui pembelian barang mewah cukup memperhatikan asupan makan ibu tercinta dan telpon ibu, kebahagiaan yang luar biasa dan menambah panjang umur beliau. Salam sayang untuk ibunda tercinta (D/s)


www.arkamedia.co.id

Komentar

  1. Jadi pengen nelepon nyokap nih jadinya... Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak kita eratkan lagi hubungan dengan nyokap

      Hapus
  2. tadinya aku mau ikutan event ini mba, tapi karena ada meeting jadi urungkan niat deh.

    thanks for sharing ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mbak eventnya hal yang sederhana namun kita sering melupakannya

      Hapus
  3. Hiikkksss,...berbahagialah yang masih bisa menelpon nyokapnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada nyokap mertua juga boleh mas Satto,he...he..he

      Hapus
  4. Ga bisa nelpon nyokap soale Mama dah meninggal 17 the lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwak atau bibi yang kita sayang Amel sebagai bentuk rasa sayang

      Hapus
  5. Thanks for sharing kak.... Seru eventnya

    BalasHapus
  6. Masih serumah, kak. Jadi langsung samperin aja ya? Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya Lia sayangnya gak usah jauh-jauh labgsung kasih perhatian ke nyokap

      Hapus
  7. Sy rutin tlp ibu, seminggu sekali or dua kali, kali sy lupa (tp jarang) , ibu tlp saya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he he...bangganya mas Agung karena tidak semua pria care ke ibu. Salam hangat mas

      Hapus
  8. Bahagianya kita masih punya Ibu yang masih bisa ditelpon ya Dennise

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak semoga generasi anak kita kelak sayangnya sama ke kita seperti ketika kita sayang ke ibu

      Hapus
  9. Alhamdulillah, ibu itu Orang yang paling ngerti sama anak-anaknya. Jujur, saya kalo Sakit ngerengek2 ke Ibu. But she passed away 6 years ago. Jadi, GA bisa manja2 lagi. Aah ibu,makanan Enak hadir dari tangan ibu. Ibu berusaha memenuhi gizi semua anak-anaknya. Ooh... Berasa banget sekarang kehilangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jun ke ibu mertua atau bibi kita juga bisa walaupun ruh nya berbeda ya. Ibu memang is the best

      Hapus
  10. Wah jadi pengin nelpon Mama nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo jeung walau jauh di mata tetapi dekat di hati

      Hapus
  11. lebih sering ibuku yg tanya ke aku 'sudah makan belum' dibandingkan aku yg tanya ke ibuku, hehe. bener tuh kak Denise, semakin tua ortuku cenderung memperbanyak makan buah/makanan yg simple

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he he dulu juga ketika kk single ibu lebih perhatian namun ketika sudah jadi ibu perhatianku ke ibu lebih

      Hapus
  12. Jadi kangen masakan ibu akunya.... Hiks.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah dekat sama ibu nih. Thx for sharing kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur banget kak Gita tinggalnya dekat nyokap jadi tidak perlu telphon ya just say hello aja

      Hapus
  14. Aku mulai terapin isi piringku kepada anak pertamaku. Biar dia terbiasa sampai besar nanti makan makanan yang gizi seimbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaps nih. Mumpung si sulung masih bisa diomongin ya Nurul terutama kan sayur itu tidaklah mudah ya tetapi kalau sudah dibiasakan asyik kok makan sayur hijau

      Hapus
  15. aku jaraaang nelpon nyokal karena rumah kita berdekatan. tapi aku lebh jarang lagi nelpon ibu mertua. sungkan aja gitu. eeheheh. kampanye yg bagus nih dari danone

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik ya kalo rumah dekatan dengan nyokap tinggal melimpir. He...he...he...mertua kaya ibu sendiri kok," Ibu ( mertua ) makan apa?" asyeek deh Nis

      Hapus
  16. Ah, bener nih, harus rajin2 nelpon nyokap ya, biasanya cuma send message via wa aja euy :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Timo nyokap kalo di bel anak perempuannya biasa, tetapi kalo anak prianya yang telphon wow...luar biasa...

      Hapus
  17. Saya kalau mau nelpon ibu, biasa wa dulu takutnya beliau pas kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow....keren ibunya masih aktif dan energik ya mbak, masih bekerja

      Hapus
  18. Setuju mba. Niatnya kita baik tp jangan smpe mencelakakan. Nih misalkan mau ngasih nyokap cake enak dr bakery terkenal tp kita juga harus inget klo nyokap ada diabet kan malah jd bahaya ya klo dikasih.. 😊😊

    BalasHapus
  19. Bentuk perhatian ke nyokap ada banyak cara. Salah satunya Udah Nelpon Nyokap?

    BalasHapus
  20. Dulu aku sih sering banget ngobrol sama Ibuk. Sejak Ibu meninggal ga pernah ngobrol lagi deh...

    BalasHapus
  21. Aduh isi piringku salah dong. Komposisi nasi, lauk, sayur dan buahnya blm sesuai. Malah sering gak ada sayur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi hi sama kok bu! Aku juga banyak kurangnya lebih banyak lauk daripada sayur. Mumpung ada kesempatan ya kita bisa jadi role model untuk anak-anak kita dengan konsep Isi Piringku

      Hapus
  22. Iya nelpon mamak adalah hal wajib yg aku lakukan kak, wahh baru tau ada campaign ini, tq sharingnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentuk perhatian dengan Telphon Nyokap dan memperhatikan makannya melalui Isi Piringku bentuk perhatian yang tulus dari seorang anak ke ibu. Thanks mama Kanda

      Hapus
  23. Saya jarang telpon nyokap sih tapi gara-gara baca ini jadi pengen telpon nyokap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak laki-laki memang terkesan cuek dengan Nyokap, senang nih pak Bule membeti perhatian ke ibu

      Hapus
  24. Jadi pengingat ini. Thanks sharing nya kk Dennise

    BalasHapus
  25. Syedih karena jarang banget telpon nyokap. Palingan kalo ada masalah atau butuh bantuan baru nelpon. Hiks. Makasih kak Denis udah diingetin, kedepannya akan lebih rajin lagi ah telpon nyokap meski sekedar nanya makan apa hari ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Winda hal yang sama juga kakak suka absen untuk telphon Nyokap. Untung ada champaign ini jadi pengingat kita ke nyokap untuk lebih care

      Hapus
  26. Dengan membaca tulisan ini, saya akan kasih tau ke istri saya mengenai peran penting kasih sayang ibu kepada anaknya, terlebih mengenai nutrisi, ini menjadi catatan penting bagi orang tua untuk tumbuh kembang anak agar berkembang dengan sehat dan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita saling belajar ya Kang Ilman untuk perhatian dan care pada Nyokap dan juga belajar menata Isi Piringku

      Hapus
  27. Saya juga suka lupa nelp nyokap hanya untuk menayakan kabarnya dan sdh makan belum,jadi diingatkan lagi,mkch y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi hi sama Uci. Untungnya ada champaign ini ya kita bisa lebih perhatian dan sayang nyokap

      Hapus
  28. Ibuku bawel tapi perhatian. Wkwkwk... Ngeluh dikit aja langsung panik. Padahal cuma nyari potongan kuku.

    Untuk masalah nutrisi, masih agak susah ngasih tahu Ibu. Kalo makanan yanh begini begini itu kurang kalo yang begitu bagus... Masih susah buat masuknya.

    Masih tergantung selera mereka... Ada buah di kulkas aja kudu dikeluarin dan disodorin biar dimakan. Kalo enggak sampe busuk juga ga kemakan. ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwan bawelnya ibu itu terkadang ngangenin ya. Apalagi kalo kita tinggal berjauhan. Yuks lebih semangat lagi Nelphon nyokap. Perhatian kita dengan melihat Isi Piring Ibu menjadi semangat bagi ibu

      Hapus
  29. Pengen bgt bermanja2 sama mama. ini setahun mama pergi. aku sedih kalau di tanya tentang mama. bahkan untuk menulis tentang mama pun masih blm sanggup. semoga mama bahagia bersama Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang yang baik memang cepat dipanggil Tuhan, Lita. Ibu sekarang sudah bahagia di Surga. Kiranya tetap ada cinta Lita untuk orang2 tercinta ya Lit

      Hapus
  30. huehee sama kak, klo manggil "mamah" di depan temen2 kayaknya anak mamah banget, jadinya aku suka panggil nyokap ato emak aja

    btw aku sering telp mamahku, video call sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik nih video call dengan nyokap. Serasa dekat banget ya. Salam hangat untuk Nyokap tercinta Maria

      Hapus
  31. wahhh kampanyenya Danone menarik banget ya ka.. btw, makasih infonya ya kaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zata salam sayang untuk orang-orang tercinta sekitarmu ya

      Hapus
  32. Seru banget ya tema yang diangkat diacara ini dan jadi kangen banget nyokap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Maliha. Ini untuk lebih mengingatkan kita pada Nyokap lebih care dan perhatian

      Hapus
  33. aaaaaah serasa diingatkan untuk telp nyokap ... thanks for the reminder ya

    BalasHapus
  34. Balasan
    1. Sama dong...walau kita nyakal sayangnya nyokap teteup ya

      Hapus
  35. Keren nih tulisannya mba Dennise. Telpon mama jangan cuma minta pulsa yaaa.
    Telpon mama tanyain kabarnya, pake baju apa, masak apa, lagi pengen dibeliin apa. Gituu dong.

    I love you, mama

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he he mbak Yola kadang memang kita sibuk bingits ya sampe lupa sama Nyokap. Sama, aku juga love mom

      Hapus
  36. Oh aku baru tahu kalau takaran isi piring begitu. Hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sehat ya Wid. Tetapi kadang'kan kita lebih menikmati makanan full karbo dan protein daripada sayur dan buah, he...he...he...

      Hapus
  37. Thanks untuk postingannya kak, jadi mengingatkan aku untuk rajin komunikasi sama ibu... Duuh, jadi kangen masakan ibu juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sayang ibu ke kita abadi sepanjang masa dan tentunya kita pun punya rasa sayang yang abafi kepada ibu dengan semangat Telpon Nyokap ya

      Hapus
  38. Udah nelpon nyokap.

    Sedih banget, nggak nyokap lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga perhatian yang kita beri ke nyokap akan ditiru anak-anak kita ya jeung untuk juga sayang ke bundanya

      Hapus
    2. Sayangnya sekarang ibu gue sudah gak ada
      Tapi gue gak nyesel dulu semasa hidupnya gue puas dan banyak melewatkan waktu dengan dia.

      Hapus
    3. Sip....bahagia banget ya mbak bisa bersama ibu melewati hari-hari

      Hapus
  39. Jadi pingin nelpon mamak setelah baca ini.
    Makasi remindernya, Kak. Kadang udah aktivitas ini-itu, sampai rumah lelah, ga inget lagi buat telpon mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Reh. Akupun senang dengan Kampanye dari Womanation ini, Udah Telpon Nyokap? Hal sederhana namun besar maknanya kita diingatkan untuk senantiasa ingat sama ibu yang telah melahirkan kita

      Hapus
  40. Mbrebes Mili kalau ingat almarhumah ibuku. Dulu aku selalu memberikan apa yg dimintanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahagianya ya kak berkesempatan menyenangkan ibu dimasa hidupnya

      Hapus
  41. Jadi kangen Mama abis baca tulisan ini.. Tapi emang bener yah.. U are your Mother eat, kebiasaan makan yang baik dari Ibu akan terbentuk saat anak dewasa nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ibu memang kita harus terus belajar ya mama Lubena.Termasuk melatih si kecil untuk terbiasa dengan Isi Piring yang sehat

      Hapus
  42. Setuju telpon Nyokap sebagai bukti perhatian kepada ibu yg membesarkan kita . Masalah nya judul nyokap berlaku untuk Jakarta sekitarnya saja , karena tidak semua daerah punya ikatan emosional dengan kata Nyokap
    Untuk Mama , Bunda mungkin lebih Indonesia di masa kini,, Emak istilah Indonesia tahun 60 an ..

    BalasHapus
  43. Konsep 4 sehat 5 sempurna harus nya menjadi konsep filosofis dan teologis perihal makanan .
    Empat sehat lima sempurna lebih mengandalkan bahan alami , Ibu yg berbelanja dan Ibu yg memasak di dapur .....
    Konsep 4 sehat 5 sempurna seharus nya menjadi tugas yang menantang bagi Ibu yg memiliki strong family relationships base ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi Dr.Alexander Ginting...zaman aku dulu juga memakai konsep 4 Sehat 5 Sempurna. Dan ibuku dulu menerapkan pada kami anak-anaknya untuk menyempurnakan dengan Susu agar lebih sehat.Thanks dokter untuk masukkannya

      Hapus
  44. Bener nih harus pilah pilih aku kadang gak sarapan jadi kacau makan nya. Buat menyadarkan ini bagus banget dan ada ketentuan untuk makanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bun, jangankan anak ya kitapun masih belum sehat dalam komsumsi makanan. Dengan adanya kampanye Isi Piringku buat kita jadi pintar ya

      Hapus
  45. walau masih tinggal sementara serumah dengan mama, saya jarang nelpon mama. Aaaah, jadi pengen nelpon beliau nih.

    Thank you for reminding Kak Denise!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Honnie. Kampanye yang bagus dari Womanation yang turut acungkan jempol "Sudah Telpon Nyokap?

      Hapus
  46. Saat ini saya dan anak malah tinggal bersama mama, soalnya ga mau ditinggal cucu.
    Terkadang mama lebih menyayangi cucu nya di banding anak nya ya :)
    Mama gengsinya gede, perhatiannya besar ke anak, tapi sering pura-pura cuek biar ga dibilang cerewet.
    Pola makan yang sehat selalu jadi sumber omelan mama, karena saya kurang peduli pemenuhan gizi anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kita sama ta Anisa. Anak-anakku tumbuh sehat bukan karena kepintaranku tetapi ibuku yang pintar memilih mana yang sehat untuk cucunya. Untungkah ada kampanye Isi Piringku dari Danone dan Udah Telpon Nyokap? yang buat kita lebih dekat lagi ke nyokap tentunya

      Hapus
  47. Selalu senang baca kedekatan bloggerdgn ibunya. Moga ibu Mbak Dennise sehat terus yaa. Dawn, saya ikut merasa bukan role model yg baik dlm makan buah 😑

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku termasuk role model yang cukup baik untuk buah kakak Mugniar karena suka namun sayur wow...pilih-pilih agak susah untuk sayuran hijau. Untung ada informasi Isi Piringku jadi banyak tau tips & triknya

      Hapus
  48. Balasan
    1. Emak itu is the best ya Kang. Nuhun kang Dudi

      Hapus
  49. Isi piring harus lengkap ya, biar gizi lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap asupan gizinya bunda. Namun seringkali kita para orangtua lebih melengkapi dengan kenyangnya perut tetapi lupa dengan takaran gizinya. Untung ada kampanye Isi Piringku

      Hapus
  50. Wah penting banget makan makanan yg bergizi, saya juga lagi mengajarkan anak-anak untuk suka makan sayur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama-sama belajar ya bu mengajak si kecil untuk suka makan sayur

      Hapus
  51. Aaaaaaakkkk jadi kangen mama.. Kalo Luana biasanya ga telponan sama mama paling lama 3 hari. Kalo lebih dari itu biasanya gak kuat. Mama itu sahabat dan teman curhat paling asyik pokoknya. Soal makan, biasanya mama juga ingetin dan nanyain pas aku kos. Pertanyaannya ya gitu: udah makan belum, makan apa hari ini, masak apa hari ini. Belakangan aku juga belajar gantian nanyain mama hal yang sama. Sebenernya sih, modus aja. Modus kangen masakan mama hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salud deh dengan mbak Luana yang super sibuk namun masih ingat nyokap. Kadang kesibukkan membuat kita " anak" mengabaikan "nyokap" untuk just say hello. Untung ada kampanye " Udah Nelpon Nyokap " & " Isi Piringku"

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Go...Go...Go...Asian Games 2018 Meriah, Lewat Bidikan Smart Samsung J6 Series

HIJRAH EKSTREM:Perjalanan Hati Seorang Wanita Tangguh

Herbatia Mewujudkan Tubuh Sehat Alami