Stop HOAX! Sebarkan Berita Baik NKRI Harus Dijaga Utuh


Seorang teman saya yang ditinggal di Alaska dan sudah menjadi WNA beberapa waktu yang lalu pernah tanya gini,
"Dennise memang benar presiden Jokowi itu menyampaikan pidato terhadap keamanan tanah air dari sejumlah  sekompok masyarakat terkait hasil Pilkada DKI Jakarta yang dimenangkan Anies-Sandiega Uno?",tanyanya antusias
"Kamu tahu dari mana Bram?"
"Kami'kan ada grup WA Cinta NKRI jadi mengikuti perkembangannya"
"Gak benar kok itu berita HOAX! Jangan dianggap!"
"HOAX? Mengapa di publish?! Why?"
Teman saya terheran-heran mengapa berita hoax itu bisa dipublish, apa untungnya. Dan inilah memang yang sedang rame dan hits di Indonesia berita HOAX  yang didalamnya terdapat unsur provokasi, ujaran kebencian. HOAX adalah berita yang tidak benar namun disajikan ke masyarakat seolah-olah benar. Bagi masyarakat awam kadangkala tidak bisa membedakan mana berita HOAX mana yang benar. Ditelan mentah-mentah. Yang ujung-ujungnya terjadi keributan. Perang statement, antar satu kubu dengan kubu lain di adu akhirnya ribut di media sosial. Wiih...riwuuh ya
Untuk itulah Humas POLDA METRO JAYA mengundang netizen untuk hadir di acara Coffe Morning Kapolda Metro Jaya yang digelar di Gedung Promoter Rabu 9 Mei 2018. Puluhan netizen hadir  dan bersemangat membubuhkan tanda tangan untuk perangi Hoax. Sedianya acara ini dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Idham Azis. Namun karena ibukota kemarin dalam keadaan Siaga 1 maka kehadiran beliau digantikan oleh Itwasda Kombes Pol.Komarul Zaman dan Kabid Humas Polda Metro Jaya KombesPol Argo Yuwono


Dalam kata sambutan yang dibacakan oleh Bapak Komarul Zaman mengajak semua netizen untuk aktif bersama-sama Sebarkan Berita Baik untuk Bersatu Dalam Menjaga NKRI.
Seperti yang diketahui semua orang sekarang begitu mudah mengakses media sosial dari mana saja. Smartphone yang termudah tinggal klik muncul berita. Seringkali yang timbul berita HOAX yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Dengan tujuan tentunya mengajak orang laim untuk ikut membenci, memprovokatori sehingga suasana menjadi panas. Itulah yang sekarang terjadi di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Perang informasi memecah belah keutuhan. Tidak saja keutuhan negara bahkan hubungan pertemanan bisa ribut hanya kesalahpahaman dari isu berita HOAX yang ada di media sosial.


Media sosial kini tak lagi dijadikan tempat saling berbagi informasi positif bahkan ironisnya media sosial saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk menyebarkan berita HOAX dan Ujaran Kebencian apalagi dikait-kaitkan dengan politik.
Untuk itu kemarin, merupakan kebahagiaan bagi saya ketika mendapat kesempatan bertemu dengan  jajaran kepolisian dimana Polda Metro Jaya mengajak semua netizen untuk berkarya dengan konten-konten yang positif bersama-sama menyejukkan isu politik negeri dengan karya yang kreatif.
Dan terpenting untuk netizen adalah melakukan cek & ricek sebelum berita ditayangkan. Dilihat dulu unsur kebenarannya, cari tahu sumbernya. Jangan langsung disebarkan apalagi kalau itu isu SARA ini sangat bahaya karena memicu keresahan masyarakat.
Dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban di Negeri ini,Polri tentu sangat punya peran penting bisa menangkal segala bentuk informasi negatif di media sosial, sebaran berita HOAX dan ujaran kebencian yang kini sudah sangat masif terjadi.
Untuk memyejukkan content di media sosial  dengan karya yang humanis dan kreatif Polda Metro Jaya menggelar Lomba content positif dan kreatif Netizen dengan mengusung tema "Mari Bersatu Menjaga NKRI" dengan hastag #SebarkanBeritaBaik.


Polda Metro Jaya mengajak semua netizen untuk berpartisipasi dalam event blog ini, buatlah karya terbaik dan hiasi laman blog,vlog dan media sosial dengan konten positif dan paling kreatif.
Hadiah lombanya menarik loh ada Sepeda motor,laptop,smart phone, kamera dan pemenang juga berkesempatan untuk meliput kegiatan Kapolda patroli udara dengan helikopter.
Periode lomba ini dimulai dari tanggal 9 Mei-22 Juni dan pemenangnya akan diumumkan tangal 1 Juli 2018 bertepatan dengan HUT Bhayangkara.
Ayo netizen mari #sebarkanberitabaik stop HOAX kita Bersatu Dalam Menjaga NKRI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIJRAH EKSTREM:Perjalanan Hati Seorang Wanita Tangguh

Go...Go...Go...Asian Games 2018 Meriah, Lewat Bidikan Smart Samsung J6 Series

Herbatia Mewujudkan Tubuh Sehat Alami